hi..., syalom.. teman-teman dengan hadirnya blog ini akan membuat komunitas teman-teman muda berea lebih akrab dan dapat melihat informasi kegiatan-kegiatan yang di adakan oleh muda-mudi berea yang ada di seluruh Indonesia... kalau kalian memiliki.. informasi apapun yang berkaitan dengan kegiatan muda-mudi berea cepet-cepet kirim ke.. youthberea.karawaci@gmail.com agar informasi tersebut bisa segera di ketahui oleh youth berea yang ada di tempat lain seperti Bogor, Bandung, Cikupa, Kupang, Makasar, Kelapa Gading, Tomang, Bekasi bahkan papua....

Diposkan oleh youth berea On 11.09 0 komentar

TELADAN ORANG BEREA
(Kis 17 : 11 - 12)

1. Hati Yang Seimbang
Orang Berea mempunyai sikap hati yang seimbang, menerima Firman Tuhan dan tidak keras kepala serta menghormati orang lain.
2. Membaca Alkitab Setiap Hari
"Setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui apakah semuanya itu benar demikian."
3. Mendapat Iman dari Alkitab
Orang Berea benar-benar menghormati Alkitab, menerimanya apa adanya, apa yang tertulis dalam Alkitab.



KONSEP GERAKAN BEREA

1. Gereakan Gereja Perjanjian Baru (Kis 2 : 1 - 4)
Gerakan gereja yang dilahirkan dan dibangun oleh Roh Kudus dan dipimpin oleh Roh Kudus yang tidak dikuasai oleh alam maut.
2. Gerakan Menyerupai Alkitab (Yoh 5 : 39)
Alkitab adalah buku mengenai Yesus Kristus, Gerakan Berea menyerupai Alkitab, Menyerupai Yesus dan melakukan perintah-Nya.
3. Gerakan Kepemimpinan Orang Awam (Efesus 4 : 12 - 13)
Gerakan Berea tidak memusatkan pada pemimpin saja, tetapi seluruh jemaat ikut berperan aktif dalam pelayanan Gereja.



CITA-CITA GERAKAN BEREA

1. Untuk menyatakan gambar Kehendak Allha sesuai dengan nilai-nilai yang berpusatkan pada Allah (1 Yoh 2 : 12 - 14; Ibrani 1 : 1 - 3; 1 Yoh 1 : 1 -2)
Dimulai dari "Iman Dasar" tentang keselamatan, meningkat menjadi "Iman Pemuda" yang dapat mengalahkan yang jahat, baik bagi dirinya maupun jemaat, sampai kepada "Iman Bapa", yaitu iman yang mengenal Allah pada mulanya.
2. Untuk menyaksikan Universalitas Kuasa Allah (Ibrani 13 : 8; Mat 10 : 5 - 8; Mark 16 : 16 - 20)
Kuasa Allah bersifat universal, menjadi tanda dan milik orang percaya. Setiap orang yang percaya Alkitab dan dituntun Roh Kudus memiliki kuasa.
3. Untuk Membaptis dan Memuridkan (Mat 28 : 16 - 20)
Membaptis segala bangsa dengan baptisan selam di dalam Nama Allah, memuridkan dan mengajar orang percaya melakukan apa yang diperintahkan Yesus.



Salam Sejahtera, Yesus Memberkati,
Administrator Sungrak Indonesia Facebook Page
Read More..

ROH KUDUS HARUS DITAATI

Diposkan oleh youth berea On 09.16 0 komentar

ROH KUDUS HARUS DITAATI

Siapakah di dunia ini bisa menjelaskan Roh Kudus dengan jelas dan tepat, secara logika. Pengetahuan manusia tidak mungkin. Alias mustahil bisa menjelaskan Roh Kudus yang salah satu pribadi trinitas Allah. Allah adalah Roh yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata jasmani dan tidak mungkin bisa melihat Allah.

1 Timotius 6:16, "Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tidak terhampiri. seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nya lah hormat dan kuasa yang kekal! Amin."

Begitu juga Roh Kudus adalah Roh ilahi yaitu Roh Kebenaran. Yohanes 14:17, yaitu Roh kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Salah satu pribadi Allah menyatakan diri-Nya kepada manusia di bumi secara nyata dan dicatat dala sejarah Israel ialah Yesus Anak Allah. Pada zaman raja Herodes yaitu Yesus lahir di Betlehem di tanah Yudea, Matius 1dan 2. Yesus adalah Anak Allah. Salah satu pribadi Allah yang mengenal dengan jelas Roh Kudus dan mengajar kepada kita. Menjelaskan Roh Kudus bukan secara dogma doktrin atau Teologia pengetahuan manusia.

Kita mengetahui Roh Kudus tetapi tidak menghormati-Nya. Yesus sendiri sangat menghormati Roh Kudus, Yesus tidak berani melampaui Roh Kudus, kita tahu bahwa Yesus belum memberitakan kerajaan Sorga sebelum menerima Roh Kudus, Matius 3. Roh Kudus adalah Roh Allah dengan status Raja di atas raja, atau Tuan atas hambanya. Bagaimana mungkin kita bisa memperlakukan Roh Kudus dengan sewenang-wenang? Tertulis di dalam 1 Timotius 6:15, saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia. Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. Orang percaya harus tahu bahwa yang menolong manusia adalah malaikat.

Ibrani 1:13-14, "Dan kepada siapakah diantara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?" Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?"

Jadi sungguh orang percaya harus bisa membedakan anatara Roh Kudus dengan Malaikat. Malaikat adalah pelayan orang-orang kudus, sedangkan Roh Kudus menguasai kita, begitu juga saat Yesus di dunia dikuasai dan dipimpin oleh Roh Kudus. Markus 1:12; Matius 4:1; Lukas 4:1, kita melihat Yesus dipimpin oleh Roh Kudus.

Tetapi orang Kristen sekarang hanya tahu Roh Kudus sebagai penolong atau penghibur, jika lagi susah hati, atau ada masalah sehingga kita lupa bahwa Roh Kuduslah yang menguasai kita. Roh Kudus menolong itu artinya bukan secara langsung tetapi memakai Malaikat sebagai pelayan-Nya. seperti kita bersama Presiden ada preman yang ingin menggangu kita, apakah Presiden langsung menangkap preman itu? Tidak! Tetapi pembantunya ialah Pengawal atau Polisi Militer (PM). Begitu juga Roh Kudus dan Malaikat, tetapi karena mereka berpikir bahwa Roh Kudus yang menolong sehingga tidak menghormati Roh Kudus.

Roh Kudus bukanlah burung, bukan api, tetapi Roh Kudus adalah Roh ilahi. Yesus tanpa Roh Kudus tidak akan melakukan suatu tanda-tanda heran, kesembuhan dan sebagainya. Kisah Para Rasul 10:38 mengatakan tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia, dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia yang berjalan dalam berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.

Yesus sangat menaruh hormat kepada Roh Kudus. Seperti pesan Yesus langsung kepada murid-murid-Nya. Matius 12:32, "Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak dan di dunia yang akan datangpun tidak."

Jadi marilah kita minta hikmat Allah dan berdoa agar mata Rohani kita terbuka sehingga dapat membedakan arti nama Yesus yang diberitakan kepada seluruh bangsa di bumi dan taatilah Roh Kudus sampai lidah tidak bisa bergerak. Tuhan Yesus, juga tolonglah celikkan mata Rohani kamu yang membaca tulisan ini, sebab jemaat Perjanjian Baru didirikan oleh Roh Kudus dan darah Yesus.

Kisah Para Rasul 20:28, "Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk mengembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri."
Amin.


Ev. Andrias L. STh
Akademi Berea Angkatan ke-VI
Doc.Sungrak Indonesia Facebook Read More..

Terimalah Roh Kudus - 4

Diposkan oleh youth berea On 09.10 0 komentar
Terimalah Roh Kudus

Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus” (Yohanes 20 : 22)

Apakah anda percaya Yesus sebagai Anak Allah dan Juruselamat yang memikul dosa anda sebagai ganti anda? Jika ya anda telah diselamatkan dan menjadi anak Allah, tetapi karena anda sepertinya masih bayi kecil yang baru dilahirkan maka harus diasuh agar anda bertumbuh. Roh Kudus adalah Allah yang menjamin Iman semua orang yang menjadi anak-anak Allah dan menuntun mereka agar bertumbuh secara roh. Tuhan memerintahkan kepada siapapun yang percaya Yesus sebagai Juruselamat agar menerima Roh Kudus dan ditanya apakah kita sudah menerima Roh Kudus (Kisah 19 : 2).

1. Siapakah Roh Kudus ?
Roh Kudus adalah salah satu dari kepribadian Trinitas Allah. Allah adalah Esa tetapi tiga pribadi, yaitu : Allah Bapa sebagai esensi ilahi, Allah Anak sebagai keberadaan ilahi dan Roh Kudus adalah Roh Ilahi, tiga pribadi ini adalah kesetaraan dalam hal ilahi, kuasa, angkatan/posisi dan kemuliaan. Allah Bapa adalah sumber dan awal dari segala-galanya dan berada di tengah-tengah segala-galanya, Anak Allah datang sebagai daging dan berada di tengah-tengah manusia lalu naik ke tahta, dan Roh Kudus adalah Roh yang tidak kelihatan, berada di dalam roh jiwa orang kudus setelah Yesus naik ke sorga dan menuntun kehidupan orang kudus di bumi ini.

Yesus berjanji kepada murid-murid-Nya, Ia akan mengutus Parakretos lain sebagai ganti-Nya. Ketika Ia naik ke sorga (Yohanes 14 : 16). “lain” artinya “salah satu lain” dari macam jenis yang sama. Roh Kudus sebagai Parakretos sama dengan Yesus Kristus tetapi datang dengan Roh. Walaupun Roh Kudus menolong pekerjaan Allah dari sebelum dunia dijadikan sampai sekarang dan mendorong manusia, tetapi setelah Yesus mati, bangkit dan naik ke sorga saja Ia mulai berdiam di dalam roh jiwa manusia. Roh Kudus sedang turut bekerja juga bersama mereka yang menjadi anak-anak Allah (Yohanes 7 : 39 , Kisah 2 : 17).

2. Mengapa Harus menerima Roh Kudus ?
Keselamatan manusia tergenapi dengan sempurna oleh sebab Yesus Kristus mencurahkan darah, pada zaman itu murid-murid yang mengikuti percaya Yesus sebagai Anak Allah dan Juruselamat tetapi ketika Yesus masuk kuburan murid-muridNya menyerahkan iman yang dimilikinya, akan tetapi Roh Kudus atas mereka sehingga mereka berubah dan mulai menyaksikan Yesus. Matius 26:74-75, Yohanes 21:3

Siapakah menyangkal Yesus ketika Yesus dihukum di kayu salib ?

Murid Yesus yang lain bicara apa ?

Ketika Yesus mati dan tubuh-Nya ada di dalam kuburan ke mana murid-murid Yesus ?

Kisah 4 : 19, Silakan kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah :
taat kepada kamu atau taat kepada Allah.

Masa lalu Perjanjian lama Allah mengutus para Nabi dan Hukum Taurat kepada Israel, para Nabi-nabi mengadakan tanda-tanda, tanda-tanda ajaib dan membiarkan Israel memberikan berbagai pengorbanan, tapi akhirnya Yesus Kristus harus datang, demikian juga ada alasan mengapa Roh Kudus harus datang. Yesus Kristus mencurahkan darah di kalvari dan menanggung dosa manusia, tapi secara mutlak Roh kudus harus datang sebab oleh Roh kudus saja dapat menyaksikan kebangkitan Yesus kristus. Kebangkitan-Nya adalah bukti Yesus sebagai Anak Allah yaitu orang yang benar, yang tidak berdosa, Roh Kudus datang dalam nama Yesus untuk membela Yesus Kristus yang bangkit dari kematian, dan melangsungkan pekerjaan tersebut melalui anak-anak Allah. Bila Roh Kudus datang, Ia tidak meninggalkan kita tetapi tetap Immanuel (Matius 28:20 , Yohanes 14:16).

Roh Kudus
1. Mendorong kita supaya percaya Yesus (I Korintus 12:3)
2. Memateraikan keselamatan kita oleh Iman kepada Yesus (II Kor 1:21-22 , 5:5)
3. Mengingatkan kita pada Firman dari Yesus (Yohanes 14:26)
4. Menyaksikan Yesus (Yohanes 15:26)
5. Menuntun kita ke Kebenaran (Yohanes 16:13)
6. Membuat kita kuat dengan kuasa (Efesus 3:16)
7. Menolong kehidupan Iman kita dengan memberi berbagai karunia
(I Kor 12:4-11)

Demikan Roh Kudus adalah mutlak dalam kehidupan Iman maka harus
menerima-Nya.


3. Roh Kudus datang kepada orang yang macam siapa ?
Roh Kudus adalah Roh yang Kudus, maka datang kepada orang kudus yang percaya Yesus Kristus dan mendapat pengampunan dosa, dan sebab Roh Kudus adalah kepribadian yang datang kepada yang menyambut, menyongsong saja (Wahyu 3:20).

==> Kisah 2:38 : (Bertobatlah) hendaklah kamu masing-masing memberi
dirimu dibabtis dalam Nama Yesus Kristus untuk
(pengampunan dosamu) maka kamu akan menerima
(karunia Roh Kudus)
==> Lukas 11:13 : Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian baik
kepada anak-anakmu apalagi Bapamu yang di surga Ia
akan memberikan (Roh Kudus) kepada mereka yang
(meminta) kepada-Nya.


4. Apakah gejala-gejala kedatangan Roh Kudus ?
Akan berbahasa roh. Berbahasa roh adalah gejala dari kedatangan Roh Kudus, Yesus bernubuat bahwa “orang yang percaya akan berbahasa roh” bahasa roh adalah doa rahasia dan kuasa doa yang diucapkan roh diri kita melalui bibir kita karena dipenuhi Roh Kudus .

Kisah 2:1-4
• Kapan Roh Kudus turun dan datang ?
• Gejala apa yang terjadi pada saat itu ?
• Waktu mereka menerima Roh Kudus mereka ucapkan apa saja ?

Bacalah ayat-ayat berikut supaya mengetahui kasus-kasus Roh Kudus datang
Kisah 10:44-48 , Kisah 19:3-7

==> I Kor 14:2 : Siapa yang berkata dengan (bahasa roh) tidak berkata-
kata kepada manusia tetepi kepada (Allah) sebab tidak
ada seorangpun yang mengerti bahasanya, oleh (Roh) ia
mengucapkan hal-hal yang rahasia.

==> Markus 16:17 : Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang
percaya mereka akan mengusir (setan-setan) demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam (bahasa-bahasa yang baru) bagi mereka.

==> I Kor 14:14-15 : Sebab jika aku berdoa dengan (bahasa roh) maka
(rohkulah) berdoa tetapi (akal budiku) tidak turut berdoa jadi apakah yang harus kuperbuat ? Aku akan berdoa dengan (rohku) tetapi aku akan berdoa juga dengan (akal budiku).

Anda dapat menerima Roh Kudus dan langsung. Syukurlah pujilah Yesus Kristus yang menyelamatkan anda, dan berdoalah untuk anda menerima Roh Kudus.



1. Apakah kita harus menerima Roh Kudus supaya kita diselamatkan ?
2. Bagaimana jenis karunia-karunia Roh Kudus, siapa saja dapat menerima itu?
3. Apa bedanya doa dari akal budi dan bahasa roh ?
4. Apa yang menyatakan mereka yang menerima Roh Kudus dalam kehidupan sehari- hari (Gal 5:22-25)
5. Kita mendapat kasih karunia apa oleh karena kebangkitan Yesus ? Read More..

Diposkan oleh youth berea On 08.56 0 komentar
lagu Allah Abraham adalah lagu yang pertama-tama saat kita memasuki ibadah minggu raya,
ups tapi sory engga ada subtitlenya...


Read More..

Tualiah Hidup kekal

Diposkan oleh youth berea On 08.41 0 komentar
Apakah kita hidup untuk Tubuh sekedar memuaskan emosi & perasaan?

Ataukah kita hidup untuk roh jiwa kita meskipun tubuh ini menderita, dianiaya, dihina, difitnah, dikhianati oleh karena sang-Natal, Yesus, bayi kecil yang telah menjadi dewasa, mati di salib, bangkit & naik ke sorga?

manakah yang membawa kita kepada hidup kekal?

Bukankah tubuh ini akan lenyap, bukankah harta benda kita akan kita tinggalkan seiiring hancurnya tubuh ini, bukankah perasaan, emosi & pikiran kita karena tubuh ini juga sia-sia, tidak ada yang diakui Allah pada kekekalan?

Jagalah kesucian Iman, yaitu menjaga kehidupan kekal, milikilah iman yang tidak berubah seperti Shong Juk Am, Pohon Pinus, Bambu & Batu karang, yang tidak berubah diterpa bergantinya musim malahan tetap tegar berdiri & bertumbuh.

Pilihlah jalan yang sempit, pikulah salibNya. Supaya iman kita, Yesus Juru Selamat, kasih karunia Allah yang sempurna, tetap menjadi tujuan hidup kita, yang pasti membuat kita menjadi pemilik berkat, baik di sorga maupun di bumi juga. Karena kita hidup oleh janjiNYa: kehidupan kekal & upah yang kekal.

Penuhlah dengan Roh Kudus, supaya tubuh daging kita yang lemah beserta perasaan, pikiran & emosi yang menempel padanya dikuasai oleh Roh Kudus, diseret oleh Roh Kudus, supaya kesempatan kita tidaklah terbuang percuma, supaya kita tidak pulang ke rumah Bapa sebagai yang miskin & supaya Yesus sendiri menyambut kita dalam kemuliaan karena Bapa mengakui kita sebagai yang dikasihi & berkenan kepadaNya.

Maka apa yang kita tabur saat kita masih bernafas, akan kita tuai pada saat kehidupan yang kekal nanti. Hidup dan berkat atau maut & kutuk. Bertindaklah sekarang, tentukan pilihanmu.

Inspired by today's Rev. Kim Ki-dong sermon

Happy Sunday! 27/12/2009

Doc. Peter Amy (Berea Indonesia)
Read More..

Seminar Nama Allah

Diposkan oleh youth berea On 05.48 0 komentar

Hadirilah seminar Nama Allah,
1-3 Feb 2009 pkl. 18:00 - 21.00
di Gedung Sartika Jl. Pramuka no. 63 Bekasi.

Bagi yang mengikuti seminar 3 hari berturut-turut akan mendapatkan 1 buah buku Karya Rev. Kim Ki-dong dan sertifikat.

hanya dengan 25.000 rupiah / orang (termasuk makan malam)
biaya dapat di transfer ke:
BCA cabang KCP Tiang Bendera
No :7100 117 902
A/N :Lili Rahayu
Read More..

Tombak yang menusuk Yesus, manjadi rebutan..

Diposkan oleh youth berea On 05.28 0 komentar
http://www.wiels.nl/blog/images/Spear_of_Destiny_-_Pandora-s_Music_Box_1983_sm.jpg
Yang dimaksud dengan tombak disini sebenarnya hanya ujung tombaknya saja
yang berukuran 50,7 cm. Tombak tersebut pernah patah menjadi dua, tetapi
akhirnya digabung lagi menjadi satu dengan dipasangnya paku ditengah tombak
tersebut. Dan paku yang dipasang disitu pun bukannya sekedar sembarang paku
biasa saja melainkan paku yang digunakan untuk menyalib Tuhan Yesus.

Oleh sebab itulah raja Karl IV telah membungkus tombak tersebut dengan emas
dan dicantumkan tulisan “LANCEA ET CLAVUS DOMINI” – “Tombak dan paku Tuhan”.
Karena ini adalah ujung tombak yang digunakan oleh serdadu Rumawi yang
bernama Longinus untuk menusuk lambung-Nya Tuhan Yesus ketika Ia berada di
kayu salib.
Read More..

Keselamatan dan Yesus Kristus

Diposkan oleh youth berea On 00.54 0 komentar


Tujuan Pelajaran
1. Biar jiwa baru mengetahui Yesus Kristus adalah Anak Allah.
2. Biar Jiwa baru menyadari dosa manusia ditanggung oleh karena Yesus Kristus mati di kayu salib.
3. Biar Jiwa baru hidup dengan kuasa, karena percaya, ia diselamatkan.

“Barang siapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari iblis, sebab iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan iblis itu.” (1 Yohanes 3 : 8).

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3 : 16)

Kita sudah mempelajari bahwa apa itu dosa, bagaimana dosa dari satu orang itu memasuki kepada seluruh manusia dan akibat dosa itu, apa kita tidak memiliki cara untuk melepaskan diri dari dosa?

1. Rencana Keselamatan dari Allah
Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa dari wujud Allah. Karena manusia memiliki tubuh, lain dari malaikat, tubuh mempunyai banyak kelemahan maka seharusnya Adam hidup dengan mengingat Allah dan dengan pertolongan dari Allah saja, namun demikian ia membuat dosa yang ingin hidup tanpa Allah, demikian ia meninggalkan Allah sehingga ia tidak bisa menerima kasih Allah yang berkelimpahan itu.

1.1. Bilangan 6:24-26 : Tuhan (memberkati) engkau dan (melindungi) engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya kepadamu dan memberikan engkau (Kasih Karunia) Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberikan engkau (Damai sejahtera).

1.2. Yesaya 59:1-2 : Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar, tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala (kejahatanmu), dan yang membuat Dia (menyembunyikan) diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala (dosa) mu.

1.3. Roma 3:23 : Karena semua orang telah berbuat (dosa) dan tela kehilangan (kemuliaan) Allah.

Tetapi Allah tidak membiarkan sendiri saja manusia yang dikasihi itu dihukum kekal, tetapi menghakimi iblis yang memberontak kepada Allah dan menipu manusia dan mengakibatkan manusia binasa serta menyelamatkan manusia (Kejadian 3:15 , Ibrani 2:14 , 15).

2. Yesus Kristus
Kita yang kotor tidak dibasuh dengan yang kotor, kita tidak dapat membersihkan suatu karung dengan lap yang kotor. Manusia yang telah kena dosa tidak lepas dari dosa sendiri atau tidak dapat menyelamatkan oranglain. Sebab siapapun manusia adalah orang berdosa oleh karena itu yang tidak berdosa harus datang dan menanggung dosa manusia. Upah dosa adalah maut dan dosa dapat dihapus dengan darah demikian Alkitab mengatakan.

==> Roma 6:23 : Sebab upah dosa ialah (maut) : tetapi karunia Allah ialah (hidup yang kekal) dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

==> Ibrani 9: 22 : Hampir segala sesuatu (disucikan) menurut Hukum Taurat dengan (darah) dan tanpa (penumpahan darah) tidak ada (pengampunan)

2.1 Yang datang karena Firman menjadi daging adalah Allah saja satu-satunya benar, karena Allah adalah roh, Ia menjadi daging supaya mencurahkan darah , Allah sebagai Roh datang menjadi tubuh untuk membayar upah dosa seluruh manusia, Dialah Anak Allah Yesus Kristus.

==> Yohanes 1:1 :Pada mulanya adalah (Firman). (Firman) itu bersama-
sama dengan Allah dan (Firman) itu adalah (Allah)

==> Yohanes 1:14 :(Firman) itu telah menjadi (manusia) dan diam diantara
kita. Dan kita telah melihat (kemuliaan-Nya) yaitu (kemuliaan) yang diberikan kepada-Nya sebagai (Anak Tunggal Bapa) penuh (Kasih Karunia) dan (Kebenaran)


Tubuh Manusia : Debu tanah menjadi tubuh (Kejadian 2:7)

Tubuh Yesus Kristus : Firman menjadi tubuh (Yohanes 1:14, 6:63)

2.2 Yang mencurahkan darah Yesus adalah sebagai Allah yang benar datang ke dunia melalui rahim perempuan lagipula Ia tidak mengenal dosa walaupun Ia berada didalam tubuh, Dia tak ada hubungan sama sekali. Yesus memberitahu manusia Dia saja jalan kita satu-satunya kepada Allah, sebab Ia datang ke dunia untuk mati dan mencurahkan darah, akhirnya Ia mati di kayu salib dengan mencurahkan darah sampai pada waktunya tergenap.

==> Matius 20:28 :Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk (dilayani) melainkan untuk (melayani) dan untuk memberikan (nyawa-Nya) menjadi (tebusan) bagi banyak orang

==> I Petrus 2:22 : Ia tidak berbuat (dosa) dan (tipu) tidak ada dalam mulut-Nya

==> II Korintus 5:21 : Dia yang tidak(mengenal dosa) telah dibuat-Nya menjadi
(dosa) karena kita, supaya (dalam) Dia kita (dibenarkan) oleh Allah.

Kematian Yesus Kristus adalah akibat dosa, yakni dosa manusia dan manusia semua yang berada dalam Adam. Adam pertama adalah lambang terhadap Yesus yang akan datang. Adam kedua Yesus mencurahkan darah dengan menggantikan Adam pertama, menyelamatkan seluruh manusia yang ada didalam Adam. Yesus menanggung kutuk dan penyakit sebagai akibat kemerosotan roh dari Adam pertama dengan penderitaan kutuk tubuh-nya, dan Yesus menanggung maut kekal Adam pertama dengan kematian tubuh-nya.

==> Yesaya 53: 5-6 : Tetapi Dia tertikam oleh karena (pemberontakan) kita,
Dia diremukkan oleh karena (kejahatan) kita .Ganjaran yang mendatangkan (keselamatan) bagi kita ditimpakan kepada- Nya, dan oleh bilur-bilur-Nya kita menjadi (sembuh) Kita sekalian sesat seperti (domba) masing-masing kita mengambil jalannya sendiri tetapi Tuhan telah menimpakan kepada-Nya (kejahatan) kita sekalian.

==> Filipi 2: 6-8 : Yang walaupun dalam (rupa Allah) tidak menganggap
(Kesetaraan) dengan Allah itu sebagai milik yang harus
dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri dan mengambil (rupa seorang hamba) dan menjadi (sama dengan manusia) dan dalam keadaan sebagai manusia Ia telah (merendahkan) diri-Nya dan (taat) sampai mati bahkan sampai mati di (kayu salib)

==> I Korintus 15:45 : Manusia pertama Adam menjadi (mahluk hidup) tetapi Adam yang akhir menjadi (Roh yang menghidupkan)

2.3 Yang bangkit
Iblis adalah sebagai roh dunia bapa pendusta, pembunuh pertama, penghulu angkasa yang menipu seluruh dunia dan yang menguasai maut. ( II Korintus 4:4, Efesus 2:2, Yohanes 8:4, Wahyu 12:9, Ibrani 2:14 )

Seluruh manusia yang berada di dalam Adam yang berdosa menjadi hamba iblis, seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut, Iblis. Iblis sebagai penghukum dunia memateraikan kuburan Yesus untuk mengurungi Yesus dalam maut, tetapi Allah menghidupkan kembali Yesus dan membenarkan Yesus Kristus yang bangkit dan menyamakan-Nya sebagai Kebenaran. Demikian Iblis dihakimi secara legal sebagai yang tidak benar

==> I Timotius 3:16 : Dia yang telah menyatakan dirinya dalam (rupa manusia) dibenarkan dalam (roh) yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, (diberitakan) diantara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah yang dipercayai didalam dunia diangkat dalam (kemuliaan)

==> Yohanes 16:10-11 : Akan (Kebenaran), karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi, akan (penghakiman) karena (penguasa dunia) ini telah (dihukum) Yohanes 10:17-18, Roma 4:25

3. Ciptaan Baru
Sebab itu siapapun tidak perlu melakukan perhambaan di bawah iblis, mereka yang mengakui bakti Yesus akan merdeka dari penderitaan sengsara, kutuk, penyakit, karena Yesus Kristus menyelamatkan seluruh manusia dengan curahan darah yang berharga akan tetapi apabila kita tidak mengakui hal ini, kita harus tetap hidup di dalam maut dengan tertimpa dosa.
Yesus Kristus adalah Hakim Agung dari Allah yang membedakan orang benar dan tidak, walaupun seseorang tidak melakukan dosa, ia tetap orang berdosa bilamana ia tidak menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat.

==> Yohanes 3:18 : Barang siapa percaya kepada-Nya, Ia tidak akan (dihukum) barang siapa tidak percaya ia telah berada dibawah (hukuman) sebab ia tidak (percaya) dalam (Nama Anak Tunggal) Allah.

==> Yohanes 12:31-32 : Sekarang berlangsung (penghakiman) atas dunia ini sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan keluar dan apabila Aku (ditinggikan) dari bumi Aku akan (menarik) semua orang datang kepada-Ku

==> Yohanes 16:19 :Akan (dosa) karena mereka tetap (tidak percaya) kepada-Ku

Oleh sebab itu akuilah segera “sungguh bersyukur atas kasih anugerah Yesus yang mencurahkan darah untuk menyelamatkan saya dan menebus dosa saya, sungguh Yesus adalah Anak Allah, Kristusku dan Juruselamatku, sebab Engkau menyelamatkan saya dari maut (Matius 16:16, Roma 10:9-10).
Demikian anda telah diselamatkan dan menjadi ciptaan baru di dalam Yesus Kristus.
Allah menyamakan Anak-Nya sendiri, siapapun percaya Yesus Kristus sebagai Juruselamat,
Allah yang menyamakan Yesus Kristus sebagai Kebenaran, membenarkan kita oleh karena
Yesus Kristus bila kita percaya Yesus, walaupun kita tetap memiliki sifat dan dosa (Rm 4:2-8).

Siapakah yang menggugat orang-orang pilihan Allah: Allah yang membinasakan mereka, Allah juga tidak menghakimi (Roma 8:32-35).

Anak Allah dapat mengalami kehidupan yang menang dalam berkelimpahan seperti Yesus Kristus memecahkan otoritas iblis dan menang.

==> Yohanes 1:12-13 :Tetapi semua orang yang (menerima-Nya) diberi-Nya
(kuasa) supaya menjadi (anak-anak Allah) yaitu mereka yang percaya dalam (Nama-Nya) orang yang diperanakkan bukan dari (darah) atau dari (daging) bukan pula secara jasmani oleh (keinginan seorang laki-laki) melainkan dari (Allah)

==> II Korintus 5:17 : Jadi siapa yang ada didalam (Kristus) ia adalah (ciptaan baru) yang lama sudah berlalu, sesungguhnya (yang baru) sudah datang.

==> Yohanes 5:24 : Aku berkata kepadamu sesungguhnya barang siapa yang mendengarkan perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku ia mempunyai (hidup yang kekal) dan tidak turut (dihukum), sebab ia sudah pindah dari dalam (maut) ke dalam (hidup).


1. Mengapa Yesus Kristus tidak mempunyai dosa asal ?
2. Apakah tubuh Yesus Kristus dapat menanggung kutuk roh anda ?
3. Apakah anda percaya anda telah diselamatkan ? jika tidak, mengapa anda tidak percaya?
4. Apa arti baptisan itu ? cobalah saling tukar pikiran anda (Roma 6 )

Copyright © Sungrak Indonesia
Read More..

Pesan Gembala, Tahun Baru 2010

Diposkan oleh youth berea On 05.20 0 komentar

Di Korea terjadi satu pembunuhan dalam satu perampokan. Seorang nenek terbunuh dalam kejadian itu. Tidak begitu lama perampoknya ditangkap, ternyata anak dari nenek itu sendiri, tetapi karena gagal dalam bisnisnya, dia merampok ibu kandungnya sendiri dengan memakai topeng dan pisau. Waktu topengnya terbuka sehingga nenek itu dapat meilhat muka perampok dan ternyata anaknya sendiri. Sambil mencucurkan darah dia mengatakan: "Anakku, ayo lari cepat!"

Lebih dari satu bulan ibu saya sakit. Meskipun sudah banyak melihat kematian, realitanya ibu saya dapat meninggal. Saya menyadari semua yang lahir di angkasa pasti akan berakhir dengan kematian. Adegan ibu saya ketika masih muda, indah dan keadaan ibu saya yang sudah tua, lemah, tidak bisa berjalan, tumpang tindih pada mata saya, lalu kehampaan hidup manusia menusuk sum-sum dan tulang. Selain itu, semua perbuatan saya yang jahat terhadap ibu saya itu dilandasi seperti angin debu. Penyesalan kehidupan manusia yang tidak dapat dibatalkan, datang seperti kabut.

Saya bisa mengerti apa yang akan terjadi pada saat meninggal dunia apabila saya hidup seperti ini. Yakni peneyesalan kekal akan Allah mneyertai selamanya.

Ketika berdialog bersama ibu, saya tahu dia mengampuni dan tidak ingat lagi semua kesalahan saya terhadapnya. Meski saya masih ingat semuanya.

AKU, AKUlah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena AKU sendiri dan AKU tidak ingat-ingat dosamu (Yesaya 43:25)

Allah adalah Bapa kita yang ingin agar kita hidup berbahagia. Oleh karena itu mengutus Anak Tunggal-Nya. Anak-Nya, Yesus Kristus, menebus dosa kita di salib dan darah-Nya yang tercurah sudah dicelupkan pada roh jiwa kita sebagai bukti tebusan dosa kita. Roh Kudus bersaksi tentang kebenaran itu dalam diri kita.

Allah yang kita sembah dalam nama Yesus memberi kebahagiaan kekal kepada roh-jiwa maupun tubuh kita melalui cambukan di punggung-Nya, melalui kehidupan kemiskinan-Nya dan memberi pesan: "Beritakanlah kebahagiaan ini kepada segala bangsa." Jemaat Berea Sungrak Indonesia! Mari Segera memberitakan kabar baik ke seluruh Indonesia!

Pdt. Yoh Koh Doc.(Berea Indonesia) Read More..

Rev. Kim Ki-dong

Sedang dalam proses rekontruksi hehehe bahasanya ribet. yah..