Keselamatan dan Yesus Kristus

Diposting oleh youth berea On 00.54


Tujuan Pelajaran
1. Biar jiwa baru mengetahui Yesus Kristus adalah Anak Allah.
2. Biar Jiwa baru menyadari dosa manusia ditanggung oleh karena Yesus Kristus mati di kayu salib.
3. Biar Jiwa baru hidup dengan kuasa, karena percaya, ia diselamatkan.

“Barang siapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari iblis, sebab iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan iblis itu.” (1 Yohanes 3 : 8).

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3 : 16)

Kita sudah mempelajari bahwa apa itu dosa, bagaimana dosa dari satu orang itu memasuki kepada seluruh manusia dan akibat dosa itu, apa kita tidak memiliki cara untuk melepaskan diri dari dosa?

1. Rencana Keselamatan dari Allah
Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa dari wujud Allah. Karena manusia memiliki tubuh, lain dari malaikat, tubuh mempunyai banyak kelemahan maka seharusnya Adam hidup dengan mengingat Allah dan dengan pertolongan dari Allah saja, namun demikian ia membuat dosa yang ingin hidup tanpa Allah, demikian ia meninggalkan Allah sehingga ia tidak bisa menerima kasih Allah yang berkelimpahan itu.

1.1. Bilangan 6:24-26 : Tuhan (memberkati) engkau dan (melindungi) engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya kepadamu dan memberikan engkau (Kasih Karunia) Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberikan engkau (Damai sejahtera).

1.2. Yesaya 59:1-2 : Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar, tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala (kejahatanmu), dan yang membuat Dia (menyembunyikan) diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala (dosa) mu.

1.3. Roma 3:23 : Karena semua orang telah berbuat (dosa) dan tela kehilangan (kemuliaan) Allah.

Tetapi Allah tidak membiarkan sendiri saja manusia yang dikasihi itu dihukum kekal, tetapi menghakimi iblis yang memberontak kepada Allah dan menipu manusia dan mengakibatkan manusia binasa serta menyelamatkan manusia (Kejadian 3:15 , Ibrani 2:14 , 15).

2. Yesus Kristus
Kita yang kotor tidak dibasuh dengan yang kotor, kita tidak dapat membersihkan suatu karung dengan lap yang kotor. Manusia yang telah kena dosa tidak lepas dari dosa sendiri atau tidak dapat menyelamatkan oranglain. Sebab siapapun manusia adalah orang berdosa oleh karena itu yang tidak berdosa harus datang dan menanggung dosa manusia. Upah dosa adalah maut dan dosa dapat dihapus dengan darah demikian Alkitab mengatakan.

==> Roma 6:23 : Sebab upah dosa ialah (maut) : tetapi karunia Allah ialah (hidup yang kekal) dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

==> Ibrani 9: 22 : Hampir segala sesuatu (disucikan) menurut Hukum Taurat dengan (darah) dan tanpa (penumpahan darah) tidak ada (pengampunan)

2.1 Yang datang karena Firman menjadi daging adalah Allah saja satu-satunya benar, karena Allah adalah roh, Ia menjadi daging supaya mencurahkan darah , Allah sebagai Roh datang menjadi tubuh untuk membayar upah dosa seluruh manusia, Dialah Anak Allah Yesus Kristus.

==> Yohanes 1:1 :Pada mulanya adalah (Firman). (Firman) itu bersama-
sama dengan Allah dan (Firman) itu adalah (Allah)

==> Yohanes 1:14 :(Firman) itu telah menjadi (manusia) dan diam diantara
kita. Dan kita telah melihat (kemuliaan-Nya) yaitu (kemuliaan) yang diberikan kepada-Nya sebagai (Anak Tunggal Bapa) penuh (Kasih Karunia) dan (Kebenaran)


Tubuh Manusia : Debu tanah menjadi tubuh (Kejadian 2:7)

Tubuh Yesus Kristus : Firman menjadi tubuh (Yohanes 1:14, 6:63)

2.2 Yang mencurahkan darah Yesus adalah sebagai Allah yang benar datang ke dunia melalui rahim perempuan lagipula Ia tidak mengenal dosa walaupun Ia berada didalam tubuh, Dia tak ada hubungan sama sekali. Yesus memberitahu manusia Dia saja jalan kita satu-satunya kepada Allah, sebab Ia datang ke dunia untuk mati dan mencurahkan darah, akhirnya Ia mati di kayu salib dengan mencurahkan darah sampai pada waktunya tergenap.

==> Matius 20:28 :Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk (dilayani) melainkan untuk (melayani) dan untuk memberikan (nyawa-Nya) menjadi (tebusan) bagi banyak orang

==> I Petrus 2:22 : Ia tidak berbuat (dosa) dan (tipu) tidak ada dalam mulut-Nya

==> II Korintus 5:21 : Dia yang tidak(mengenal dosa) telah dibuat-Nya menjadi
(dosa) karena kita, supaya (dalam) Dia kita (dibenarkan) oleh Allah.

Kematian Yesus Kristus adalah akibat dosa, yakni dosa manusia dan manusia semua yang berada dalam Adam. Adam pertama adalah lambang terhadap Yesus yang akan datang. Adam kedua Yesus mencurahkan darah dengan menggantikan Adam pertama, menyelamatkan seluruh manusia yang ada didalam Adam. Yesus menanggung kutuk dan penyakit sebagai akibat kemerosotan roh dari Adam pertama dengan penderitaan kutuk tubuh-nya, dan Yesus menanggung maut kekal Adam pertama dengan kematian tubuh-nya.

==> Yesaya 53: 5-6 : Tetapi Dia tertikam oleh karena (pemberontakan) kita,
Dia diremukkan oleh karena (kejahatan) kita .Ganjaran yang mendatangkan (keselamatan) bagi kita ditimpakan kepada- Nya, dan oleh bilur-bilur-Nya kita menjadi (sembuh) Kita sekalian sesat seperti (domba) masing-masing kita mengambil jalannya sendiri tetapi Tuhan telah menimpakan kepada-Nya (kejahatan) kita sekalian.

==> Filipi 2: 6-8 : Yang walaupun dalam (rupa Allah) tidak menganggap
(Kesetaraan) dengan Allah itu sebagai milik yang harus
dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri dan mengambil (rupa seorang hamba) dan menjadi (sama dengan manusia) dan dalam keadaan sebagai manusia Ia telah (merendahkan) diri-Nya dan (taat) sampai mati bahkan sampai mati di (kayu salib)

==> I Korintus 15:45 : Manusia pertama Adam menjadi (mahluk hidup) tetapi Adam yang akhir menjadi (Roh yang menghidupkan)

2.3 Yang bangkit
Iblis adalah sebagai roh dunia bapa pendusta, pembunuh pertama, penghulu angkasa yang menipu seluruh dunia dan yang menguasai maut. ( II Korintus 4:4, Efesus 2:2, Yohanes 8:4, Wahyu 12:9, Ibrani 2:14 )

Seluruh manusia yang berada di dalam Adam yang berdosa menjadi hamba iblis, seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut, Iblis. Iblis sebagai penghukum dunia memateraikan kuburan Yesus untuk mengurungi Yesus dalam maut, tetapi Allah menghidupkan kembali Yesus dan membenarkan Yesus Kristus yang bangkit dan menyamakan-Nya sebagai Kebenaran. Demikian Iblis dihakimi secara legal sebagai yang tidak benar

==> I Timotius 3:16 : Dia yang telah menyatakan dirinya dalam (rupa manusia) dibenarkan dalam (roh) yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, (diberitakan) diantara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah yang dipercayai didalam dunia diangkat dalam (kemuliaan)

==> Yohanes 16:10-11 : Akan (Kebenaran), karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi, akan (penghakiman) karena (penguasa dunia) ini telah (dihukum) Yohanes 10:17-18, Roma 4:25

3. Ciptaan Baru
Sebab itu siapapun tidak perlu melakukan perhambaan di bawah iblis, mereka yang mengakui bakti Yesus akan merdeka dari penderitaan sengsara, kutuk, penyakit, karena Yesus Kristus menyelamatkan seluruh manusia dengan curahan darah yang berharga akan tetapi apabila kita tidak mengakui hal ini, kita harus tetap hidup di dalam maut dengan tertimpa dosa.
Yesus Kristus adalah Hakim Agung dari Allah yang membedakan orang benar dan tidak, walaupun seseorang tidak melakukan dosa, ia tetap orang berdosa bilamana ia tidak menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat.

==> Yohanes 3:18 : Barang siapa percaya kepada-Nya, Ia tidak akan (dihukum) barang siapa tidak percaya ia telah berada dibawah (hukuman) sebab ia tidak (percaya) dalam (Nama Anak Tunggal) Allah.

==> Yohanes 12:31-32 : Sekarang berlangsung (penghakiman) atas dunia ini sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan keluar dan apabila Aku (ditinggikan) dari bumi Aku akan (menarik) semua orang datang kepada-Ku

==> Yohanes 16:19 :Akan (dosa) karena mereka tetap (tidak percaya) kepada-Ku

Oleh sebab itu akuilah segera “sungguh bersyukur atas kasih anugerah Yesus yang mencurahkan darah untuk menyelamatkan saya dan menebus dosa saya, sungguh Yesus adalah Anak Allah, Kristusku dan Juruselamatku, sebab Engkau menyelamatkan saya dari maut (Matius 16:16, Roma 10:9-10).
Demikian anda telah diselamatkan dan menjadi ciptaan baru di dalam Yesus Kristus.
Allah menyamakan Anak-Nya sendiri, siapapun percaya Yesus Kristus sebagai Juruselamat,
Allah yang menyamakan Yesus Kristus sebagai Kebenaran, membenarkan kita oleh karena
Yesus Kristus bila kita percaya Yesus, walaupun kita tetap memiliki sifat dan dosa (Rm 4:2-8).

Siapakah yang menggugat orang-orang pilihan Allah: Allah yang membinasakan mereka, Allah juga tidak menghakimi (Roma 8:32-35).

Anak Allah dapat mengalami kehidupan yang menang dalam berkelimpahan seperti Yesus Kristus memecahkan otoritas iblis dan menang.

==> Yohanes 1:12-13 :Tetapi semua orang yang (menerima-Nya) diberi-Nya
(kuasa) supaya menjadi (anak-anak Allah) yaitu mereka yang percaya dalam (Nama-Nya) orang yang diperanakkan bukan dari (darah) atau dari (daging) bukan pula secara jasmani oleh (keinginan seorang laki-laki) melainkan dari (Allah)

==> II Korintus 5:17 : Jadi siapa yang ada didalam (Kristus) ia adalah (ciptaan baru) yang lama sudah berlalu, sesungguhnya (yang baru) sudah datang.

==> Yohanes 5:24 : Aku berkata kepadamu sesungguhnya barang siapa yang mendengarkan perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku ia mempunyai (hidup yang kekal) dan tidak turut (dihukum), sebab ia sudah pindah dari dalam (maut) ke dalam (hidup).


1. Mengapa Yesus Kristus tidak mempunyai dosa asal ?
2. Apakah tubuh Yesus Kristus dapat menanggung kutuk roh anda ?
3. Apakah anda percaya anda telah diselamatkan ? jika tidak, mengapa anda tidak percaya?
4. Apa arti baptisan itu ? cobalah saling tukar pikiran anda (Roma 6 )

Copyright © Sungrak Indonesia

0 Response to 'Keselamatan dan Yesus Kristus'

Posting Komentar

Rev. Kim Ki-dong

Sedang dalam proses rekontruksi hehehe bahasanya ribet. yah..