ROH KUDUS HARUS DITAATI

Diposting oleh youth berea On 09.16

ROH KUDUS HARUS DITAATI

Siapakah di dunia ini bisa menjelaskan Roh Kudus dengan jelas dan tepat, secara logika. Pengetahuan manusia tidak mungkin. Alias mustahil bisa menjelaskan Roh Kudus yang salah satu pribadi trinitas Allah. Allah adalah Roh yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata jasmani dan tidak mungkin bisa melihat Allah.

1 Timotius 6:16, "Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tidak terhampiri. seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nya lah hormat dan kuasa yang kekal! Amin."

Begitu juga Roh Kudus adalah Roh ilahi yaitu Roh Kebenaran. Yohanes 14:17, yaitu Roh kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Salah satu pribadi Allah menyatakan diri-Nya kepada manusia di bumi secara nyata dan dicatat dala sejarah Israel ialah Yesus Anak Allah. Pada zaman raja Herodes yaitu Yesus lahir di Betlehem di tanah Yudea, Matius 1dan 2. Yesus adalah Anak Allah. Salah satu pribadi Allah yang mengenal dengan jelas Roh Kudus dan mengajar kepada kita. Menjelaskan Roh Kudus bukan secara dogma doktrin atau Teologia pengetahuan manusia.

Kita mengetahui Roh Kudus tetapi tidak menghormati-Nya. Yesus sendiri sangat menghormati Roh Kudus, Yesus tidak berani melampaui Roh Kudus, kita tahu bahwa Yesus belum memberitakan kerajaan Sorga sebelum menerima Roh Kudus, Matius 3. Roh Kudus adalah Roh Allah dengan status Raja di atas raja, atau Tuan atas hambanya. Bagaimana mungkin kita bisa memperlakukan Roh Kudus dengan sewenang-wenang? Tertulis di dalam 1 Timotius 6:15, saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia. Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. Orang percaya harus tahu bahwa yang menolong manusia adalah malaikat.

Ibrani 1:13-14, "Dan kepada siapakah diantara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?" Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?"

Jadi sungguh orang percaya harus bisa membedakan anatara Roh Kudus dengan Malaikat. Malaikat adalah pelayan orang-orang kudus, sedangkan Roh Kudus menguasai kita, begitu juga saat Yesus di dunia dikuasai dan dipimpin oleh Roh Kudus. Markus 1:12; Matius 4:1; Lukas 4:1, kita melihat Yesus dipimpin oleh Roh Kudus.

Tetapi orang Kristen sekarang hanya tahu Roh Kudus sebagai penolong atau penghibur, jika lagi susah hati, atau ada masalah sehingga kita lupa bahwa Roh Kuduslah yang menguasai kita. Roh Kudus menolong itu artinya bukan secara langsung tetapi memakai Malaikat sebagai pelayan-Nya. seperti kita bersama Presiden ada preman yang ingin menggangu kita, apakah Presiden langsung menangkap preman itu? Tidak! Tetapi pembantunya ialah Pengawal atau Polisi Militer (PM). Begitu juga Roh Kudus dan Malaikat, tetapi karena mereka berpikir bahwa Roh Kudus yang menolong sehingga tidak menghormati Roh Kudus.

Roh Kudus bukanlah burung, bukan api, tetapi Roh Kudus adalah Roh ilahi. Yesus tanpa Roh Kudus tidak akan melakukan suatu tanda-tanda heran, kesembuhan dan sebagainya. Kisah Para Rasul 10:38 mengatakan tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia, dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia yang berjalan dalam berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.

Yesus sangat menaruh hormat kepada Roh Kudus. Seperti pesan Yesus langsung kepada murid-murid-Nya. Matius 12:32, "Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak dan di dunia yang akan datangpun tidak."

Jadi marilah kita minta hikmat Allah dan berdoa agar mata Rohani kita terbuka sehingga dapat membedakan arti nama Yesus yang diberitakan kepada seluruh bangsa di bumi dan taatilah Roh Kudus sampai lidah tidak bisa bergerak. Tuhan Yesus, juga tolonglah celikkan mata Rohani kamu yang membaca tulisan ini, sebab jemaat Perjanjian Baru didirikan oleh Roh Kudus dan darah Yesus.

Kisah Para Rasul 20:28, "Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk mengembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri."
Amin.


Ev. Andrias L. STh
Akademi Berea Angkatan ke-VI
Doc.Sungrak Indonesia Facebook

0 Response to 'ROH KUDUS HARUS DITAATI'

Posting Komentar

Rev. Kim Ki-dong

Sedang dalam proses rekontruksi hehehe bahasanya ribet. yah..